Terapi Kolesterol

PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI

Orang seringkali terkejut saat mengetahui dirinya memiliki kolesterol tinggi, sehingga perlu bagi kita untuk mengetahui apa saja yang mungkin menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh kita. Diet dan gaya hidup merupakan penyebab utama yang sering disalahkan apabila anda memiliki mengidap kolesterol tinggi. Keduanya memiliki peran penting atas jumlah lemak dalam darah kita yang tersirkulasi ke seluruh tubuh. Secara umum, berikut ini adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah, di antaranya adalah:

1). Pakai Minyak Jenuh

Lemak jenuh banyak terkandung dalam daging merah, keju, mentega, susu, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Perlu dibedakan antara lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Lemak jenuh akan meningkatkan total kolesterol dalam darah dan terutama meningkatkan LDL, sedangkan lemak tak jenuh justru menurunkan total kolesterol dalam darah terutama LDL. Lemak tak jenuh banyak terkandung dalam minyak nabati, ikan (tuna, salmon, dll), minyak zaitun, alpukat dan kacang-kacangan serta biji-bijian.

2). Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya aktifitas aktifitas fisik dapat menyebabkan naiknya LDL dan menurunkan HDL dalam tubuh. Biasakan untuk perbanyak bergerak, biasakan untuk jalan dan naik tangga dibandingkan lift. Selain itu biasakan juga berdiri dan berjalan ringan selama bekerja

3). Suka Merokok

Selain dapat menyebabkan kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya, merokok juga dapat meningkatkan kadar LDL dalam tubuh Anda . Ayo berhenti merokok sekarang juga agar tubuh selalu sehat.

4). Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Kelebihan berat badan, terutama pada lingkar perut, meningkatkan risiko anda menderita kolesterol tinggi. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan Trigliserida dan mengurangi HDL dalam darah.

5). Kurang Tidur

Kebiasaan begadang atau kurang tidur dapat mengakibatkan meningkatnya kadar LDL dalam darah anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam perhari memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

6). Mengkonsumsi Alkohol

Walaupun mengkonsumsi minuman beralkohol tertentu seperti anggur merah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, namun secara umum mengkonsumsi alkohol tidaklah baik bagi tubuh anda. Secara rutin mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar LDL dan Trigliserida dalam darah.

Dengan membuat perubahan dalam diet dan gaya hidup anda maka Anda dapat melihat penurunan kolesterol yang cukup dalam waktu 3 hingga 4 minggu. Perlu diperhatikan bahwa perubahan diet dan gaya hidup ini harus dilakukan secara terus menerus apabila anda ingin mempertahankan kadar kolesterol yang rendah.

PENYEBAB LAIN KOLESTEROL TINGGI

Beberapa kondisi kesehatan dan obat resep yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi tingkat kolesterol. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol Anda:

1. Diabetes Tipe 2
2. Hipotiroid
3. Masalah pada Ginjal
4. Masalah pada Hati

Sedangkan obat-obatan yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol antara lain adalah beberapa obat diuretik, hormon steroid, immuno-suppressants, beta blocker, dan antidepresan. Apabila anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut, mohon hubungi dokter anda untuk petunjuk lebih lanjut. Selain faktor diatas, usia juga ikut mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Kadar kolesterol akan secara alami meningkat seiring dengan bertambahnya usia kita dan pada wanita, kadar kolesterol akan meningkat seiring dengan terjadinya menopause.

KOLESTEROL MENURUN DALAM KELUARGA

Apabila orang tua atau kakak dan adik Anda menderita kolesterol tinggi, maka ada kemungkinan anda juga. Terdapat 100 faktor genetik yang dapat mempengaruhi lemak dalam darah dan bagaimana metabolismenya dalam tubuh. Kadang hanya karena kesalahan satu faktor genetik, kadar kolesterol dalam tubuh kamu dapat meningkat drastis, kadang juga peningkatan tersebut disebabkan oleh efek kecil dari banyak faktor genetik. Berikut ini beberapa faktor genetik yang perlu anda perhatikan:

- Familial* Hypercholesterolaemia (FH)
- Familial* Combined Hyperlipidaemia (FCH)
- Hyperlipidaemia Tipe 3
- Polygenic Hypercholesterolaemia
- Lysosomal Acid Lipase Deficiency (LALD)

Lalu, apa penyebab kolesterol Anda tinggi? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan evaluasi diet dan gaya hidup anda. Catat kebiasaan makanan dan juga gaya hidup anda, apakah mengkonsumsi makanan yang dapat mendongkrak kadar kolesterol dalam darah, ataukah gaya hidup anda yang kurang tepat. Apabila diet dan gaya hidup anda rasa bukan penyebab kolesterol tinggi, segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi guna mencari sebab lain yang mungkin ada.

DEPAN | GEJALA | PENYEBAB | PANTANGAN | PENGOBATAN | INFORMASI




Untitled Document