makanan kolesterol tinggi

makanan kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Maka dari itu program diet yang tepat bisa menjadi strategi utama yang bisa dipilih.

Diet harus mempunyai pola yang tepat agar terhindar dari kolesterol tinggi yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Pola diet yang sehat dapat membantu menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat LDL, menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, dan mengurangi berat badan.

Penambahan makanan sehat untuk jantung sama pentingnya dengan mengurangi makanan lainnya.

Perbanyak makan makanan sehat (sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan).

Pilih makanan-makanan yang alami seperti buah-buahan, sayuran, gandum dan kacang-kacangan. Kurangi kebiasaan makanan olahan karena biasanya lebih rendah jumlah serat dan tidak mengenyangkan.

Setiap gram serat larut yang larut dalam air bila dikonsumsi setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol sebanyak kira-kira dua mg, misalnya apel, jeruk lemon, jeruk, dan jeruk nipis.

Selain itu, jika Anda rajin mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak empat kali atau lebih setiap minggunya, bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

Batasi  Lemak

Hindari lemak yang terdapat di dalam margarin, salad dressing. Jika menambahkan lemak, gunakan lemak yang mengandung tinggi asam lemak tak jenuh tunggal (monunsaturated fat seperti yang terdapat di dalam minyak zaitun dan minyak kacang tanah).

Kurangi penggunaan lemak dan gula untuk menyeimbangkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda

Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat

Makanan protein yang umum dimakan seperti daging, produk susu, termasuk faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Turunkan faktor resiko nutrisional ini dengan menyeimbangkan sumber protein hewan, ikan dan sayuran.

Hindari menu-menu dengan kata “fried”, “crispy” atau special sauce yang dijamin akan mengandung kalori  tinggi.

Batasi konsumsi kolesterol

Kolesterol makanan dapat menaikkan kadar kolesterol darah, terutama pada orang-orang yang beresiko tinggi. Membatasi kolesterol makanan mempunyai nilai tambah: Anda juga mengurangi lemak jenuh karena kolesterol dan lemak jenuh biasanya ditemukan pada makanan yang sama.

Dapatkan energi dengan makan karbohidrat kompleks (pasta gandum, nasi beras cokelat, roti gandum) dan batasi karbohidrat sederhana. Jika punya kolesterol tinggi, karbohidrat sederhana ini dapat memperburuk kondisi dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Hindari jeroan (hati, usus, babat, ginjal, dll), durian, nangka, lobak, sawi, kol, kacang merah kuning telur (maksimal 2 butir per minggu), susu full krim, udang, gajih (lemak), yang mengandung kolesterol tinggi. Kurangi penggunaan minyak atau santan dalam makanan dan batasi konsumsi minuman manis.

Makan secara teratur

Hindari pola makan yang tidak teratur. Misalnya pagi makan tapi siang tidak makan. Makan 3 kali sehari secara teratur dengan menu seimbang termasuk salah satu pola hidup yang sehat.

Untuk menurunkan 10 pon lemak tubuh dalam setahun, Anda harus mengurangi asupan 100 kalori per hari.  Mengurangi terlalu banyak kalori dari asupan yang direkomendasikan justru akan menurunkan kadar energi dan memicu rasa lapar.  Hal itu juga akan membuat Anda rentan untuk tergoda menyantap makan an berkalori tinggi.

Kurangi konsumsi garam

Langkah ini dapat membantu mengendalikan tekanan farah.

Olahraga

Tubuh manusia diciptakan untuk aktif. Olahraga menguatkan otot jantung, memperbaiki aliran darah, mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan membantu mengendalikan gula darah dan berat badan.

Minum air putih

Air sangat penting untuk hidup. Minum cukup membuat kita merasa lebih berenergi dan mengurangi makan. Minum 1 sampai 2 liter air setiap hari kecuali bagi yang intake cairannya dibatasi.

Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat dengan cepat.  Kurangi kebiasaan mengonsumi minuman kalori tinggi seperti softdrink atau soda, teh, kopi kental, dan minuman berkadar alkohol tinggi.

Share